Obesitas ? Olahraga Sepeda Solusi Tepat Bagi Penderita Obesitas, Berikut Penjelasannya


BERSEPEDA jadi salah satu olahraga dan topik paling hits serta digemari banyak kalangan di masa pandemi Covid-19. Nah, untuk seseorang yang mengalami obesitas, bagaimana ? boleh enggak sih memilih olahraga sepeda ini?

Dijelaskan Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr Andhika Raspati, SpKO, olahraga sepedalah yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita obesitas. Terutama dari segi kenyamanannya.

“Pada orang-orang yang obesitas tentu lebih nyaman bersepeda. Biasanya kalau mereka lari itu ada keluhan pada kakinya, seperti rasa sakit karena topangannya lebih berat” ungkap Andhika saat dihubungi Okezone.

Dipaparkan dr Andhika, penderita obesitas lebih nyaman bersepeda karena tidak terlalu terbebani oleh tubuhnya. Berbeda dengan lari, kaki menjadi tumpuan utama, sehingga membuat penderita obesitas terkadang tidak kuat.

“Karena kaki dipaksa menerima beban dari badan, olahraga berlari bisa menimbulkan keluhan, pada lutut misalnya. Apalagi kalau ada kelemahan pada otot-otot sekitar lutut dan panggul. Sementara naik sepeda itu kan lebih low impact. Jadi memang cocok untuk orang obesitas,” tambahnya.

Andhika mengatakan, keluaran kalori saat berolahraga itu sangatlah individual. Tergantung pada berat badan, usia, serta laju metabolisme dasar orang tersebut.

“Tapi yang selama ini kami rekomendasikan justru bukan ngitung kalorinya, tapi lebih ke durasi dan intensitas saat berolahraga,” ungkap Andhika.

Berikut referensi sepeda statis bagi penderita obesitas :

1. Sepeda Statis Total Fitness TL 388B

Sepeda statis TL 388B hadir dengan pemberat magnetik, kayuhan halus sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Kerangkanya yang kokoh, besar mampu menopang beban user hingga 150kg. 






2. Magnetik Bike FS 65700

 Sepeda magnetik FS 65700 hadir dari brand Fitclass. Dengan sistem magnetik juga, sehingga kayuhan halus dan lebih nyaman dalam penggunaan. Dilengkapi sensor detak jantung, pembakaran kalori, waktu latihan dan jarak tempuh. Membuat olahraga Anda lebih terukur. Sepeda statis ini mampu menopang user hingga 120kg.





3. Spinning Bike Castro

Jenis sepeda statis spinning bike juga hadir untuk Anda yang mengalami masalah berat badan. Didesain dengan kerangka yang sangat kokoh, menopang user hingga 130kg tanpa goyang.
 

 

 

 

 

4. Spin Bike iPedro

Spinning bike iPedro hadir dengan sistem pemberat V-Belt, sehingga kayuhan halus tanpa meninggalkan suara. Dapat diatur berat ringan kayuhan, sesuai kemampuan. Dan dapat menopang beban hingga 120kg.





Beberapa pilihan sepeda statis diatas rekomended untuk digunakan bagi Anda yang memiliki keluhan berat badan berlebih. Tentu masih banyak lagi jenis sepeda statis yang bisa Anda dapatkan di Toko Sepeda Statis Murah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Treadmill Magnetik Modica Motorized Terbaik 2020

5 Jenis Diet Paling Hits di Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?